-->

Cara Mengecilkan File PDF Secara Online 2019

Cara Mengecilkan File PDF Secara Online - Nah, pada kesempatan kali ini saya kembali akan membagikan tips tutorial yang masih berhubungan dengan file PDF, yaitu bagaimana cara mengecilkan ukuran atau size file PDF tanpa aplikasi. Berbeda dengan tutorial kebanyakan disini saya akan membagikan cara mengcilkan file PDF tanpa aplikasi, alias seacara online dengan bantuan situs pihak ketiga. Berikut penjelasan beserta tutorialnya.

Apa Itu File PDF?
Portable Document Format atau sering disebut PDF adalah sebuah format file yang dibuat oleh perusahaan Adobe Systems, pada tahun 1993. PDF pertama kali dibuat untuk tujuan atau keperluan pertukaran dokumen secara digital. Format PDF sendiri biasanya digunakan untuk merepresentasikan dokumen dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi. Selain itu format PDF banyak digunakan untuk E-Book, atau buku elektronik (buku digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar) yang biasanya banyak ditemui dan dijual secara Online, baik di situs maupun media sosial.
Membuat file PDF sebenarnya sangat mudah, karena ada banyak aplikasi untuk membuat file PDF, salah satunya adalah Adobe Reader. Adobe Reader sendiri memang dikhususkan untuk membuat maupun membuka file PDF, terlebih lagi Adobe Reader dikembangkan oleh penemu format PDF yaitu Adobe Systems. Sedikit berbeda dengan format dokumen lain, format PDFcenderung memiliki ukuran atau size yang lebih besar dibanding dengan yang lain. Oleh sebab itulah, kenapa banyak orang yang ingin mengecilkan format file PDF.

Mengecilkan file PDF sendiri sebenarnya bisa dilakukan saat proses export atau ke hasil jadi, kita bisa mengaturnya supaya file yang dihasilkan tidak terlalu besar. Namun bagaimana jika sudah terlanjur, dan tidak ingin tidak ingin repot? caranya dengan mengopres file PDF tersebut secara online dengan bantuan situs pihak ketiga. Untuk situs yang dimaksud saya merekomendasikan smallpdf.com , karena situs tersebut mampu mengompres file PDF hingga 2 kali lipat lebih kecil. Berikut tutorialnya!

Cara Mengecilkan File PDF

1. Pertama, silahkan buka situs Smallpdf.com
2. Kemudian klik pilih file, untuk memulai mengupload file yang akan di compress.

3. Selanjutnya cari file yang ingin dikecilkan ukurannya, lalu Open. Jika Anda menggunakan HP, cara ini juga bisa dilakukan.

4. Setelah itu tunggu beberapa detik hingga proses pengurangan ukuran file PDF berhasil, jika sudah akan muncul ukuran file PDF yang baru. Untuk mendownloadnya tinggal klik
Unduh File .

5. Selesai!
Nah, mudah bukan cara mengecilkan atau mengurangi ukuran file PDF tanpa aplikasi atau secara Online. Demikian artikel tutorial yang dapat saya share untuk Anda dan semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mengecilkan File PDF Secara Online 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel